Paper: Penggunaan Smart Mobile Phone (Survey Online)

PENGGUNAAN SMART MOBILE PHONE

Martinus, Yefta Santoso

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra

Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya – 60236

Telp. (031) 2983442, Faks. (031) 8492562

Email: martinusaja@yahoo.com, y3ft4_ns@yahoo.com

Alamat Blog: martinusaja.wordpress.com, m23408024.wordpress.com

 

ABSTRAK

Dalam paper ini dipaparkan survey online untuk penggunaan smart mobile phone, yang bertujuan untuk mencari alasan para pengguna smart mobile phone menggunakan gadget tersebut hingga provider yang digunakan untuk mendukung jaringan smart mobile phone. Smart mobile phone yang semakin bervariasi dengan berbagai fitur-fitur yang menarik, meningkatkan daya saing antar produsen smart mobile phone. Tidak hanya produsen smart mobile phone saja yang bersaing ketat, tetapi provider-provider juga ikut serta bersaing dalam memberikan pelayanan kepada konsumen.

Kata kunci: Smart mobile phone, daya saing, provider

 1.    PENDAHULUAN

Banyaknya produsen smart mobile phone yang bermunculan di Indonesia, menimbulkan daya saing yang cukup kuat. Selain itu, peningkatan fitur-fitur yang terdapat pada smart mobile phone juga menambah daya tarik masing-masing produk, sehingga konsumen harus benar-benar pintar dalam memilih dan sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya pada produsen smart mobile phone saja yang bersaing, provider juga ikut bersaing dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Pelayanan tersebut berupa paket hemat dengan tarif yang semurah-murahnya, jaringan yang luas, dan pengaksesan yang cepat.

Paper ini disusun dengan sistematika sebagai berikut, bagian pendahuluan yang menjelaskan latar belakang penelitian, metode yang digunakan dalam disain sistem, kemudian mekanisme pengujian dan hasil-hasilnya. Di bagian akhir, paper ini akan ditutup dengan kesimpulan, saran dan terdapat lampiran yang berisi contoh kuesioner smart mobile phone.

2.    METODOLOGI PENELITIAN

Metode penelitian yang digunakan adalah survey secara online yang dilakukan oleh 40 orang responden yang terdiri dari 25 laki-laki dan 15 perempuan. Survey secara online menggunakan kusioner yang contohnya terdapat pada lampiran dari paper ini (dapat diakses pada alamat:https://docs.google.com/spreadsheet/viewform?formkey=dEc4X2kwR3N4cElRUXRUc0pnLWwwT3c6MQ#gid=0tentang). Dan dari kesemua responden, yang paling banyak mengisi adalah dari pelajar (33 orang), wiraswasta (4 orang), pegawai swasta (2 orang) dan guru (1 orang).

3.   HASIL PENELITIAN

Dari penelitian yang telah dilakukan, 99% responden menggunakan smart mobile phone sebagai gadget utama mereka. Alasan responden menggunakan smart mobile phone dapat dilihat pada grafik dibawah ini.

Pada grafik diatas, dapat dilihat bahwa alasan terbanyak yang dipilih responden menggunakan smart mobile phone adalah fitur-fitur pada smart mobile phone yang menarik. Dilihat dari alasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat persaingan yang cukup ketat antar produsen smart mobile phone. Produsen-produsen tersebut berlomba-lomba menarik hati para konsumen dengan memberikan fitur-fitur yang menarik. Selain itu, perkembangan smart mobile phone juga diakui oleh responden dimana smart mobile phone tersebut dapat melakukan mobile web-browsing dengan mudah dan serba instant, dimana saja dan kapan saja asalkan terdapat jaringan provider. Tidak di duga pula, bahwa smart mobile phone juga dapat membantu meringkan pekerjaan responden dan dijadikan sebagai gaya hidup atau life style.

Untuk operating sistem (OS) smart mobile phone yang digunakan oleh responden, dapat dilihat pada grafik dibawah ini.

Melihat grafik diatas, operating sistem yang paling banyak digunakan adalah blackberry OS, diikuti oleh i-OS, android, symbian, dan windows mobile. Dari grafik tersebut, dapat disimpulkan bahwa produsen blackberry telah berhasil memikat hati konsumen dengan memberikan fitur-fitur yang menarik pada produk-produknya.

Berlanjut pada fitur-fitur yang menarik sebagai alasan utama dalam menggunakan smart mobile phone, maka kegiatan yang sering dilakukan responden pada smart mobile phonenya, dapat dilihat pada grafik dibawah ini.

Dari 40 responden yang telah mengisi kuesioner, text messaging dipilih menjadi kegiatan yang sering dilakukan pada smart mobile phone. Seharusnya tanpa menggunakan smart mobile phone pun, kegiatan text messaging dapat dilakukan menggunakan mobile phone biasa (SMS). Maka perlu dicari tau lebih dalam lagi jenis text messaging mana yang digunakan responden, apakah mungkin terdapat fitur lain dalam text messaging selain SMS. Kegiatan tertinggi selanjutnya adalah social networking. Hal tersebut didukung dengan adanya website social networking seperti Friendster, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Kegiatan yang lainnya adalah mendengarkan musik atau menonton video, mencari informasi, email, games dan download. Dari beberapa kegiatan yang sering dilakukan responden, didukung dengan fitur-fitur canggih dari setiap smart mobile phone yang ada. Hanya saja kegiatan text messaging menjadi kegiatan yang paling sering dilakukan oleh responden menggunakan smart mobile phone walaupun sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan mobile phone biasa (SMS). Oleh sebab itu, perlu dicari tahu apakah terdapat fitur lain dalam text messaging selain SMS yang bisa dilakukan oleh smart mobile phone dan tidak bisa dilakukan oleh mobile phone biasa. Berikut ini adalah grafik text messaging yang sering dipakai responden selain SMS.

Melihat grafik diatas, ternyata selain SMS, Blackberry Messenger menjadi alternatif lain dalam text messaging. Fitur tersebut dimiliki oleh produsen blackberry, sehingga blackberry menjadi pilihan utama dalam memilih smart mobile phone. Keunikan yang timbul adalah ketika text messaging menjadi aplikasi/kegiatan yang sering dilakukan. Seharusnya tanpa smart mobile phone pun bisa melakukan text messaging. Tetapi produsen blackberry memberikan kelebihan dalam text messaging yang terdapat pada blackberry messenger. Untuk text messaging saat ini, selain chatting juga ditambahkan fitur pengiriman file berupa gambar atau audio. Text messaging selain blackberry messenger, yahoo messenger juga menjadi pilihan alternatif. Untuk yahoo messenger, dimiliki oleh website yahoo yang dulunya hanya bisa diakses menggunakan komputer. Tetapi sekarang, tanpa komputer pun dapat diakses menggunakan smart mobile phone.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, tidak hanya produsen smart mobile phone saja yang bersaing ketat, provider pun juga bersaing dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen. Maka yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah provider mana yang menjadi provider favorit yang digunakan oleh responden. Dan jawabannya terdapat dalam grafik dibawah ini.

Dan hasilnya adalah provider XL menjadi provider pilihan favorit responden dalam jasa komunikasi. Pilihan favorit lainnya adalah telkomsel, indosat, axis, smartfren, dan three (3). Untuk mengetahui bagaimana pelayanan masing-masing provider sehingga dipilih menjadi provider favorit, maka pertanyaannya adalah alasan memilih provider tersebut. Dan alasannya dapat dilihat pada grafik dibawah ini.

Dari grafik diatas, ternyata alasan utama responden memilih provider favoritnya karena adanya paket hemat. Hal tersebut membuktikan bahwa para provider berusaha menarik hati konsumen dengan memberikan pelayanan yang memuaskan dengan berbagai cara, salah satunya adalah memberikan paket hemat. Selain itu, jaringan yang luas juga menjadi alasan responden dalam memilih providernya. Tidak kalah pentingnya adalah akses yang cepat dalam browsing ataupun hal-hal yang berhubungan dengan komunikasi menjadi alasan pula dalam memilih provider.

Setelah menanyakan alasan memilih smart mobile phone, hingga alasan memilih provider favorit, maka perlu ditambahkan pertanyaan terakhir mengenai penilaian kepuasan responden terhadap smart mobile phone yang mereka miliki. Dan penilaian kepuasan tersebut dapat dilihat pada grafik dibawah ini.

4.   KESIMPULAN

Dari survey online melalui kuesioner yang telah dilakukan, dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:

  1. Konsumen memilih produk-produk smart mobile phone berdasarkan fitur-fiturnya yang menarik. Maka pihak produsen harus pintar dalam membuat smart mobile phone, fitur-fitur yang diberikan harus menarik dan kemudahan dalam penggunaan smart mobile phone.
  2. Blackberry menjadi pilihan utama dalam memilih smart mobile phone. Hal tersebut dapat terjadi karena produsen blackberry lebih unggul dalam memberikan fitur pada produknya.
  3. Aplikasi yang sering digunakan oleh konsumen pada smart mobile phonenya adalah text messaging. Seharusnya tanpa smart mobile phone pun, kegiatan text messaging dapat dilakukan menggunakan mobile phone biasa (SMS). Tetapi karena fitur blackberry messenger, selain chatting juga dapat mengirim file berupa gambar atau audio, konsumen lebih sering melakukan kegiatan text messaging menggunakan fitur tersebut.
  4. Dalam memilih provider, konsumen lebih memikirkan paket-paket hemat yang ditawarkan. Oleh sebab itu, pihak provider harus memikirkan jasa pelayanan komunikasi melalui paket hemat yang murah tetapi menjamin dalam pengaksesan.

5. SARAN

Untuk saran kedepannya, dalam pembuatan paper perlu dipikirkan mengenai responden agar diperbanyak jumlahnya, bila perlu, responden minimal 100 orang. Karena, dengan banyaknya jumlah responden, hasil survey yang dilakukan mendekati hasil yang sebenarnya. Untuk kali ini, paper yang telah dibuat, yaitu pengguna smart mobile phone memiliki kekurangan jumlah responden. Hal tersebut terjadi karena survey yang dilakukan berdasarkan survey online saja dan tidak ada survey tertulis. Kurangnya informasi mengenai survey yang ada juga menjadi faktor kelemahan paper ini.

Perlu dipikirkan juga mengenai penambahan pertanyaan-pertanyaan tentang smart mobile phone yang belum terkover dalam paper ini, karena kedepannya aplikasi-aplikasi akan terus berkembang mengikuti mobilitas konsumen smart mobile phone.

6.   LAMPIRAN

KUESIONER SMART MOBILE PHONE

November 2011

 

                                                                                                       Identitas:

Jenis kelamin : L / P

Di isi tgl         : … / … / …

1. Pekerjaan Anda:

a. Pelajar    b. Pegawai Swasta   c. Pegawai Negeri   d. Wiraswasta

e. Lainnya:…………….

2. Apakah Anda menggunakan smart mobile phone?

a. Ya          b. Tidak

3. Alasan Anda menggunakan smart mobile phone?

a. Kebutuhan sesuai pekerjaan

b. Fitur-fitur yang ditawarkan menarik

c. Mudah dalam mobile web-browsing

d. Kemampuan multi-tasking

e. Mengikuti trend gaya hidup (life style)

4. Smart mobile phone jenis apa yang Anda gunakan?

a. Iphone              c. Motorola                e. Nokia              g. Lainnya:…………………….

b. Samsung           d. Sony Ericsson        f. Blackberry

5. Kegiatan apa yang Anda lakukan pada smart mobile phone Anda?

(Boleh lebih dari 1)

a. Mencari informasi

Frekuensi penggunaan:  a. Selalu      b. Sering       c. Kadang-kadang     e. Jarang

b. Games

Frekuensi penggunaan:  a. Selalu      b. Sering       c. Kadang-kadang     e. Jarang

c. Email

Frekuensi penggunaan:  a. Selalu      b. Sering       c. Kadang-kadang     e. Jarang

d. Text Messaging

Frekuensi penggunaan:  a. Selalu      b. Sering       c. Kadang-kadang     e. Jarang

e. Social Networking

Frekuensi penggunaan:  a. Selalu      b. Sering       c. Kadang-kadang     e. Jarang

f. Mendengarkan musik atau melihat video

Frekuensi penggunaan:  a. Selalu      b. Sering       c. Kadang-kadang     e. Jarang

6. Selain menggunakan SMS, text messaging jenis apakah yang anda gunakan?

a. Blackberry Messenger

b. Skype

c. Yahoo Messenger

d. Windows Live Messenger

f. Lainnya: ………………………………

7. Provider manakah yang Anda gunakan untuk smart mobile phone Anda?

a. Telkomsel

b. Indosat

c. Smartfren

d. Axis

f. 3

g. XL

8. Alasan anda memilih provider tersebut?

a. Akses cepat

b. Jaringan Luas

c. Tarif murah

d. Adanya paket hemat

9. Penilaian kepuasan Anda terhadap smart mobile phone Anda?

a. Sangat Puas

b. Puas

c. Kurang Puas

d. Sangat Tidak Puas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s